ABSES GUSI



ABSES GUSI
Dimana gusi mengalami pembengkakan, sakit dan kadang mengeluarkan nanah. Penyebabnya : Infeksi pada akar gigi atau sekitar gigi, infeksi pada gusi dan dapat menyebabkan bengkak pada wajah. Pencegahannya : * Sikat gigi dengan cara yang benar dan gunakan pasta gigi yang nyaman untuk kesehatan gigi dan gusi anda. * Periksakan gigi anda rutin tiap 6 bulan sekali ke dokter gigi. * Kurangi makanan yang manis dan yang kering. Produk yang dapat digunakan untuk membuat masalah tersebut adalah : * Rooibos SOD Tea pengganti air minum, mencegah sariawan dan mengurangi peradangan gusi, menjaga kesehatan mulut. * Pasta Gigi Mu’Min (Siwak) atau Pasta Gigi ALL WHITE Penggunaannya bertujuan untuk melindungi gigi dari infeksi dan kerusakan email. * UIE K-Liquid Chlorophyll 2 x sehari. Untuk mengurangi peradangan yang terjadi di mulut, mengurangi pendarahan di gusi dan abses gigi. * Propolis Platinum Dosis : 2 x 3-5 tetes sehari. Sebagai antibakteri yang mencegah terjadinya infeksi. Mengurangi pembengkakan yang terjadi di gusi dan di mulut. Dan mematikan kuman yang menyebabkan sariawan atau bengkak pada gusi.


8 komentar:

Anonim mengatakan...

Malam Bu Niken...
Maaf kalo sy mengajukan pertanyaan di saat Bu Niken Offline.
kalo Ibu tidak keberatan, sy ingin menanyakan 1 hal.
Apakah dalam perawatan abses gigi memang membutuhkan waktu yg lama minimal 14 hari ?
Dengan kondisi awal terjadi pembengkakan di pipi. Kondisi gigi seri 1 & seri 2, msh bagus tanpa lubang tetapi goyang.
Perlu diketahui bahwa sy di kasi obat antibiotik oleh dokter gigi. Sampe hr ini ( hari yg ke 16, pipi sudah ga bengkak, nanah uda pecah lewat atas gusi gigi yg sakit.
Akan tetapi kenapa sampe hari ke 16
ini di lobang gusi tempat nanah pecah masih ada nanah campur darah yg tiap hari dibersihin oleh drg. Selama itukah pengobatan untuk abses gigi ?
Atas perhatiannya,sy haturkan banyak trima kasih.

by antonius ( an70ni@yahoo.co.id )

drg Niken Wahyu Wulandari NgeBlog DISINI !!! mengatakan...

allow...
maaf baru sempat buka blog saya...
setiap orang tidak sama daya tahan tubuh / kekebalannya...semua kasus tidak akan selalu sama...jadi case per case...kalau melihat gigi yang goyang tetapi tidak ada lobang kemmungkinan periondititis khronis yang akut...perlu foto rontgen gigi yg bermasalah...setelah di ketahui mgkn bisa di lakukan deep curretage dan perawatan yang intensif..jadi tidak selalu abses sampe berlama-lama, karena semua tergantung dengan keadaan dan kondisi masing-masing. untuk pengobatan oral sebaiknya obatnya di rotasi...(substitusi). yang paling penting adalah penyebab bengkak yang harus dilakukan perawatan....tergantung dari keputusan drg berdasar dari data-data serta diagnosa...pasti dokter gigi anda akan memberikan solusi yang terbaik untuk pasiennya......salam semoga saat ini sudah tidak sakit lagi....26 jan 2009....drg niken wahyu wulandari..kediri jawa timur

Unknown mengatakan...

Salam,
Dokter Niken, oleh seorang teman saya dibilang kemungkinan mengalami abses gusi. Kondisi terdapat benjolan2 kecil (tp tidak/belum bernanah) pada bagian gusi yg berbatasan dgn gigi dan berpindah titik pada bagian gigi yg lain u/ ketigakalinya (dalam 1 minggu ini). Kebetulan saya memang mengalami caries/karang gigi yg cukup sering. Hal ini pernah juga disebut oleh dokter akibat dari kondisi saliva saya yg spesifik. Jelas, ketika makan terasa pedih (burns) seperti ketika sariawan..

Saya ingin bertanya, apakah ini yg disebut abses gusi? ..dan pada taraf/grade yg mana (jika ada).
Dalam 5 hari terakhir saya selalu kumur anti-septik alami (enkasari) yg terbuat dr ekstrak daun saga & sirih.
2 hari terakhir saya disarankan meminum Amoxicillin & Dexon (dexathamethasone 0.5 mg) sebagai anti-inflamasi nya. Mohon sarannya bila langkah yg saya lakukan salah.
Lalu apakah Propolis Platinum harus melalui resep dokter ?
(Dosis : 2 x 3-5 tetes sehari)
Lalu bila sudah meminum Amoxicillin dan Dexatha methasone apakah bisa disertai juga dengan pemakaian Pro-Platinum tadi..

Terimakasih Dok atas waktunya,

Salam,
Egon - Bandung/Sukabumi

Unknown mengatakan...

pagi dok .
saya memiliki masalah dengan gusi saya
gusi saya mengalami pembengkakan dan terkadang mengeluarkan cairan putih atau nanah
tapi saya tidak merasa sakit atau ngilu atau perih
apakah penyakit saya termasuk abses gusi
dan bagaimana cara menyembuhkanya??
terimakasih

Anonim mengatakan...

Salam dok...
beberapa tahun yang lalu saya mengalami abses d gigi atas lalu saya berobat ke drg dan diberi antibiotik seminggu kemudian abses di gusi atas saya sembuh
Namun 1 bulan kemudian hingga sekarang hidung saya mengalami pembekakan dan bernanah setiap suhu badan saya panas
saya jg sdh mendatangi dr THT namun hasilnya nihil ia hanya mengatakan kalau saya hanya mengalami alergi debu
Yang ingin saya tanyakan apa pengobatan yang dapat saya lakukan agar abses ini sembuh dok
Mohon penjelsannya dok
Atas perhatinnya saya ucapkan terimakasih

Unknown mengatakan...

Cara mengurangi abses pada gusi gmana ya??soalnya gigi saya bolong dan dalam lubang itu di dindingnya sudah busuk,saya rontgen katanya ada gumpalan abses,penanganannya gimana ya?trims

Anonim mengatakan...

Saya mengalami abses di pipi karena minum obat tidak kunjung sembuh, akhirnya saya kedokter ternyata giginya yang infeksi . Namun sebelum itu abses di pipi saya sudah pecah, akan tetapi setelah di cabut giginya saya sembuh total dok.... yang mau saya pertanyakan???? Bagai mana cara menghilangkan benjolan keras di pipi akibat luka abses dulu ????? Sudah 6 bulan dok tidak kembali seperti semula.

Aan mengatakan...

Ibu dokter..mau tanya anak sy 7 thn gusinya bengkak..dibawa ke dokter gigi di bor gigi yg berlubang didekat bengkak td..dikasi amoxicilin..tp 1 mgu masih gak kempes tu bengkak..malah bengkaknya tu ada kyak matanya..kyk bisul..kenapa ya itu..gmna cr ngempesinya