CERITA LUCU PENGALAMAN DOKTER GIGI

CERITA LUCU PENGALAMAN DOKTER GIGI

Kisah ini adalah kejadian yang sebenarnya di alami oleh penulis.

BIDAN GIGI

Tahun 1996 saya pulang ke Indonesia, karena ada penempatan Dokter PTT. Dalam keadaan hamil tua saya meninggalkan Hamburg menuju Kediri dengan perut gendut oleh –oleh dari Jerman. Sampai di tanah kelahiran Kediri saya di tempatkan di Puskesmas Adan-adan. Saya adalah dokter gigi pertama yang bertugas di sana. Suatu hari ada seorang pasien yang ingin berobat gigi, kemudian pasien tadi bertanya dengan sopan dan sangat lugu dalam bahasa Jawa….” Kulo badhe jabut untu, Bidane gigi nopo sampun rawuh ?” yang artinya begini “ Saya ingin cabut gigi , apa BIDAN GIGI sudah datang ? Staf Puskesmas langsung kompak tersenyum dan tanggap menjawab…”nggih …wonten mbah”…” ya…sudah ada nek…”……Ternyata saya pikir – pikir sebenarnya Dokter gigi dan Dokter Kandungan atau ilmu kebidanan adalah hampir mirip…Dokter gigi menangani Mulut yang bergigi sedangkan Kebidanan menangani mulut tidak bergigi he he he……( kisah ini saya alami tahun 1996).


NAMA PASIEN HAMPIR MIRIP NAMA DRG


Masih di Puskesmas yang sama tempat saya bertugas sebagai Dokter PTT. Suatu hari saya ketika berada dalam ruang Poli Gigi yang dekat dengan loket tertawa , tertawa sendiri karena terdengar petugas memanggil pasien yang namanya sama dengan nama saya , berkali kali di panggil tetapi tidak ada yang datang, kemudian ada ibu tergopoh gopoh bertanya pada petugas puskesmas dan kemudian staf puskesmas klarifikasi apa betul namanya itu ?….pasien itu sudah berumur diatas 50 tahun. Beberapa Petugas Puskesmas kasak – kusuk agak heran ada orang dengan usia hampir 60 tahun kok namanya nama sudah modern ( nama yang sama dengan dokter gigi nya he he he ) …. Kemudian pasien itu menjelaskan kalau itu salah. Masih dengan gaya khas masyarakat desa yang lugu..pasien itu menjelaskan…dalam bahasa Jawa…” Mase nami kulo sanes Niken , nggih kulo Mendel mawon di timbale…” ( Mas nama saya bukan Niken, ya saya diam saja ketika di panggil petugas ) Petugas Puskesmas bertanya…” La nami ne sinten to Mbah ?” ( la namanya siapa to Nek ? “ pasien tadi menjawab “ nami kulo Mbok NIKEM…..nama saya mbok/sebutan orang Jawa untuk orang yang sudah tua Nikem…..hua ha ha ha ha saya tersenyum kecut apalagi ternyata pasien tersebut berobat gigi…..Teman – teman puskesmas meledek ….Kembar niii yeee….



TERULANG KISAH NAMA MIRIP


Tahun 2008 di Kota Kediri ada hajatan Pilkada Walikota. Saya berdomisili di KEDIRI KOTA, tugas saya ada di KEDIRI KABUPATEN…Nah bulan Oktober 2008 semua pemilih di berikan kartu dari desa untuk coblosan …. Mertua saya menelpon agar saya mengambil di rumah beliau..Pulang kerja saya langsung kesana..Anak saya Adin sudah ada di samping Uti ( eyang putri ) nya sambil senyum – senyum. Tanpa prasangka apapun saya baca kartu pemilih saya…..Tawa saya meledak ketika membaca nama saya yang tertulis di Kartu…buru- buru mertua saya mengatakan sudah bilang sama petugas desa kalau namanya keliru dan akan di perbaharui pada Pilkada Gubernur bulan Desember nanti….Saya pura-pura ngambek gak mau ikut coblosan… la wong itu bukan nama saya…..Anak saya dan bapaknya meledek juga …. Gak usah malu mengakui kalau nama ibu yang sebenarnya NIKEM ……hua ha ha ha ha ……jadi itu nama yang tertulis di kartu pemilih….jelas saya sewot dong…..( diam- diam saya senyum – senyum sendiri ingat kejadian 12 tahun lalu ketika di Puskesmas )……. …( ..memori akhir th 2008 )




BU SITI KHODIJAH


Masih seputar kejadian lucu yang lugu dari masyarakat desa. Saya praktek di BKU Siti Khodijah Gurah…( sekarang RSM st KHODIJAH ) . Puskesmas( skrg saya di Dinkes Kab ) dan Rumah Sakit tempat saya praktek berada di Kecamatan yang sama. Tetapi jangkauan pasien di RS lebih luas dari berbagai wilayah…Suatu hari ketika saya dan teman –teman kru St Khodijah sedang santai , datanglah seorang pasien yang sangat lugu…pertama….pasien itu melepas sandal ketika akan masuk …kemudian dengan takut – takut bertanya pada kita yang sedang ngerumpi…..” Nopo leres mriki daleme bu siti khodijah , kulo bade suntik “ ( Apa betul disini rumahnya bu Siti Khodijah ? saya mau suntik. ) ……oooo nggih leres….( ooo yaa benar )……..



REGU CABUT GIGI


Anak saya yang nomor 2 mengalami fase monkey gap yang lama…. Karena persistensi insisif atas yang gak mau di cabut…Saya sudah tidak sabar karena anak saya melakukan perlawanan yang kuat…( anak saya laki-laki dan gendut ) saya cari akal bagaimana cara nya dia mau di cabut. Akhirnya strategi yang saya pilih adalah dengan Full tim untuk memegang anak saya agar tidak meronta – ronta….dengan menebar rayuan akhirnya berhasil membawa dia duduk di atas dental chair….dengan iming-iming hadiah dan anak saya terlena dengan cerita saya ( saya sambil prepare ) dgn kode masuklah tim saya( 4 orang yang memegang) langsung melaksanakan tugas sesuai dengan strategi yang sudah di rancang SIAP…..anak saya tidak sempat melakukan perlawanan dan ……UPS gigi pun sudah pindah diantara tang cabut……Anak saya tidak ada waktu untuk protes karena 2 buah es krim sudah pindah ke mulutnya tangan kiri kanan memegang es krim kesukaannya……setelah habis si Endut bilang…ibu aku mau cabut gigi lagi……he he he….saya sering tertawa kalau melihat anak saya ini Afik namanya… gigi nya seperti tokoh Sponge Bob kartun kesukaannya…



Penulis : drg Niken Wahyu Wulandari
Puskesmas Adan –Adan…..th 1996 s/d 1999
Puskesmas Sidorejo………th 2003 s/d 2006
RSM Siti Khodijah………..th 1999 s/d sekarang
Dinas Kesehatan Kab Kediri th 2006 s/d sekarang


Selanjutnya^-^..


Link ke posting ini

Read Users' Comments ( 0 )

BLS pada acara Lustrum FKG Unair di JW Marriot


sesuai dengan rencana saya dalam membekali diri sebagai SDM dari Tim bencana di Kabupaten Kediri, saya ikut Basic Life Support.........dengan instruktur dari RSUD dr Sutomo dan PPDS Unair Sp Anesthesi......dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2009 di JW Marriot Surabaya Selanjutnya^-^..


Link ke posting ini

Read Users' Comments ( 0 )

donor darah


Alhamdulillah, saya sudah rutin untuk menjadi pendonor darah, setiap 6 bulan sekali. saya mulai dari th 2007 . golongan darah saya A....hari rabu 18 februari 2009 saya mendapatkan kesempatan untuk mendonorkan lagi darah saya. RSM S iti Khodijah tempat saya praktek menggelar donor darah....dari seluruh karyawan dan dokter berpartisipasi dalam kegiatan ini. Sebelum nya di tes HB dulu......alhasil saya adalah satu-satu nya wanita yang lolos......dan di akhir kegiatan ada satu lagi karyawati yang lolos juga.....jadi hanya ada 2 orang. sebagai perempuan yang mempunyai 3 orang anak yang semua nya dengan proses kelahiran caesar sectio . Saya merasakan betapa pentingnya kita menyumbangkan darah kita bagi orang yang sangat memerlukan......ketika saya sehat...saya harus membalas dengan kebaikan pula....atas segala yang pernah saya terima.......4 kali saya operasi besar.....Subhanallah. Selanjutnya^-^..


Link ke posting ini

Read Users' Comments ( 0 )

masih mencoba ....



gambar.....................niken dan anak gunung kelud......
mohon maaf para pembaca....yang mungkin mampir blog saya..... pasti bertanya tanya.....blog apaan ini tata letak nya awut-awutan......ini saya mencoba posting sendiri tanpa anak saya....ternyata......saya masih gaptek....mohon maaf bila tidak nyaman di pandang
Selanjutnya^-^..


Link ke posting ini

Read Users' Comments ( 0 )

ralat judul....dakter gigi juga bisa...apa pun..,...




pelatihan bengkel alkes...... 2 peserta perempuan Selanjutnya^-^..


Link ke posting ini

Read Users' Comments ( 0 )

dokter gigi juga bisa pun apa kok

akhir Tahun 2008 kepengurusan PDGI Cab Kediri yang baru telah di lantik....acara pelantikan bersama 5 cabang yang lain di laksanakan di HOTEL GRANDSURYA Kediri. Kemudian di lanjutkan dengan acara seminar.....

Tanggal 14 Peb 2009 PDGI Kediri ada undangan pertemuan rutin..dengan agenda acara Info Organisasi serta Informasi buku edisi REVISI DEPKES 2008 ttg "pedoman penegakan disiplin kedokteran beserta Himpunan peraturan tentang Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran" .sekalian membahas acara Lustrum XVI FKG Unair yang banyak banget acara ilmiah nya

Insya Allah saya akan ikut BLS dan acara inti di JW Marriot Surabaya...saya berharap bertemu teman - teman kuliah .... jadi kangen....tidak terasa saya sudah 13 tahun lebih lulus dari FKG UNAIR..

Saya memilih BLS karena kebetulan saya sebagai koordinator bencana dan program dari MENKES yaitu DASIPENA( pemuDA. SIaga PEduli bencaNA) yang telah dilaksanakan di Kab Kediri....kebetulan saya yang menangani untuk pelatihan Dasipena yang titik berat materi nya pada PPGD . kami telah melatih 400 pemuda/pemudi di Universitas dan Ponpes di Kediri.

Ternyata dokter gigi juga bisa menjadi Manajer Bengkel Perawatan Alkes.....he he he kalo dokter gigi nya laki-laki ya....itu mah udah biasa.....tapi ini perempuan......akhir th 2008 saya dan team bengkel saya di latih utk tehnis serta pelaksanaan nya. saya beruntung ketika pelatihan ada teman sejenis dari Dinkes Prop SUMBAR kita berdua perempuan diantara 40 laki-laki ... klu gak wah seminggu saya sendirian mana hujan terusss.....DEPKES meluncurkan 8 mobil bengkel ALKES..... Surabaya sebagai Pilot Project.....8 mobil itu untuk ( sumBAR,Jateng,Kab Semarang,Bantul,KarangAnyar,Kab Kediri,Kab Malang,Kab Jember) saat ini Komandan Bengkel yang perempuan baru saya......yaa banyak juga yang melemahkan semangat saya dengan melecehkan kemampuan saya karena perempuan.....tapi saya tidak terpengaruh karena saya setengah laki- laki he he he.....( kadang keibuan kadang kelelakian wah gak jelas )

Ternyata habitat kejantanan terus mengikuti saya....bulan Januari ini seluruh Puskesmas di Kab Kediri( 36 pusk ) telah di lengkapi dengan RADIOMEDIK...yang memperlancar komunikasi, karena Kab Kediri sangat luas wilayahnya...berbatasan dengan TulungAgung,Nganjuk, Jombang,
Malang, Blitar...dengan wilayah 25% Pegunungan serta rawan bencana......nah Radiomedik yang Notabene berbau laki-laki...saya menjadi pengurus juga .... hi hi hi hi.....

Saking jantan nya saya....keluar kota pun saya gak pakai sopir....karena saya sopirnya he he he...pernah suatu kali seorang pejabat ikut mobil saya, biasanya beliau pakai mobil kantor... eh tau tau di dasbor mobil telah di letakkan amplop[ berisi uang dengan perincian " uang bensin,,,uang sopir,,,akomodasi,,,de el el ) saya ketawa ngakak....lumayan deh pekerjaan sambilan...,.,,

Ini pekerjaan sambilan yang lain.....kalo yang ini saya agak mendapat banyak protes...karena dianggap mencaplok lahan rejeki orang lain ..... jadi penyanyi...... ho ho ho ho.....jadi yaa untuk menyalurkan nya saya sering jadi penyanyi mobil..kamar mandi...ruangan kantor atau tempat tunggu .....kacian deh saya.....mudah-mudahan gak ada produser yang dengar saya nyanyi...nanti saya pasti di EVAKUASI ,,,,dan di TANGKAP.... wah enggak deh...nanti pasien saya jadi kehilangan semangat ke dokter gigi klu saya gak ada di Kediri.....

Yang jelas...obsesi terbesar saya adalah jadi GURU dan itulah yang sangat saya sukai....membagi ilmu dan memberikan informasi kepada orang lain agar menjadi maju adalah hal yang sangat mengharukan....betapa saya sangat bahagia bila bisa menyampaikan ilmu dan informasi yang kemudian dpt bermanfaat bagi kebaikan orang lain.....Bapak dan Ibu saya adalah Kepala Sekolah ,Beliau berdua adalah Inspirasi saya. semangat saya, panutan saya, beliau adalah orang terhebat dalam hidup saya.....Mertua saya yang penuh kasih sayang pun Guru...dan beliau menjadikan saya sebagai ANAK bukan menantu.....

Sebagai Dokter GIGI yang suka ODONTECTOMY menjadikan lengan saya berotot he he he... Fitnes dan naik gunung adalah hobi saya untuk menunjang daya tahan tubuh saya sebagai dokter gigi yang berotot dan menyakinkan...jadi pasien tidak ragu....wah dokternya macho dan perkasa....

Kadang-kadang saya tidak pede karena tangan saya ber KAPAL... walah klu ber kapal artinya punya Kapal sebernarnya wich ya sueneng....tapi ini Kapalan .....ya ampun.....la gimana lagi..tiap hari saya bergelantungan di Rostock trus sepedaan sama anak saya...gimana mo halus....tapi gak apa-apa kata orang saya seksi kok..... weilah.... itukan cara saya agar tidak tampak Boy...jadi saya dandan Girly...anak saya cewek cuma satu...si bungsu ....dia sangat suka meniru apa yang saya lakukan....pokoknya dia selalu bilang...aku mau seperti mama dua anak laki-laki saya juga selalu berkata....aku sayannggg sam ibuk.......Luar biasa....saya adalah ibu dari 3 anak yang sangat sayang kepada ibu nya.....Alhamdulilah ......semua milik Allah.....saya tidak pernah lepas dari rasa syukur untuk apapun dari Allah...jangan pernah berburuk prasangka kepada ALLAH.


Tidak sombong atas apa yang kita dapat.....dan tidak putus asa bila harapan tidak terpenuhi...tidak patah bila target tidak tercapai.......selalu bersyukur dan berbuat baik kepada orang lain akan menimbulkan rasa damai dan sejuk dalam hati......tidak ada iri....tidak ada marah....tidak ada dendam...tidak ada prasangka....tidak ada curiga....tidak kenal benci...tidak mengenal sakit hati....tidak ada sombong dan keangkuhan....tidak ada keserakahan....tidak ada ke egoisan.......karena akhir tujuan hidup adalah MATI......apalah artinya semua yang di dapat di dunia bila menyakiti orang lain dan diri sendiri....hanya amal baik....yang di bawa...../dan sebaik baik manusia adalah manusia yang tidak sia-sia hidupnya karena dia memberi manfaat kebaikan bagi oran g lain.....


Teman - teman sejawat....hendaknya tidak melalaikan Amanah ALLAH atas kelebihan yang di beri kepada kita...sehingga dalam menjalankan tugas sebagai dokter itu karena kewajiban/ibadah yang harus kita lakukan dengan hati yang bersih....tidak komersilllll yang hanya membuat kita terjebak oleh duniawi karena iming-iming UANG yang kita peroleh dari pasien.............semoga masih banyak teman-teman sejawat yang memilih menjadi DOKTER karena ALLAH.... bukan karena ingin KAYA serta GENGSI dan STATUS SOSIAL ......Naudzubilahimindzalik.......










Selanjutnya^-^..


Link ke posting ini

Read Users' Comments ( 0 )

obaT tradisional untuk Gigi


setelah hospital visit.... saya kembali ke habitat di Kediri....seperti biasa tugas saya dari DINKES traveling dari desa ke desa...dusun ke dusun...dari puskesmas ke puskesmas yang lain serta pustu nya dan Polindes....terus terang saya suka adventure dan tantangan , jadi tugas supervisi ini sangat " aku banget " karena dapat menyalurkan hobi saya he he he he..........kembali ke laptop.......dari keadaan yang " modern pada hospital visit" saya kembali pada kenyataan bahwa saya ada di desa.....saya akan membagi pengetahuan dari desa yang tradisional warisan nenek kakek dalam pengobatan gigi.

BAHAN untuk memelihara kesehatan gigi mulut
1. kulit buah pinang sebagai sikat gigi 2. isi buah pinang 3. biji asam sebagai bahan pembersih gigi 4. sabut kelapa sebagai sikat gigi 5. lidi sebagai pembersih sela-sela gigi


BAHAN UNTUK MENGHILANGKAN BAU MULUT
1. Daun Beluntas 2. Daun Sirih 3. Bubuk Kopi 4. Bunga cengkeh
BAHAN UNTUK PENGHILANG RASA SAKIT GIGI
1. Getah Pepaya 2. Buah belimbing Wuluh 3. Bunga Delima Putih 4. Kulit Pohon Tanjung 5. Kulit Pohon Mangga 6. Garam dapur 7. Jahe 8. Bawang Putih 9. Tempurung Kelapa 10. Bunga Cengkih
BAHAN UNTUK OBAT SARIAWAN
1. Daun Saga 2. Daun Kaca Piring 3. Jeruk Nipis 4. Gambir sirih 5. Daun Jinten 6. Daun Sirih 7.Pisang biji 8. Jeruk nipis 9. labu putih




Selanjutnya^-^..


Link ke posting ini

Read Users' Comments ( 0 )